Instruktur

Instruktur Pelatihan Bidang Pariwisata & Perhotelan

Bagus Putu Ekadana Susila, S.ST.PAR.,MM.

Praktisi dan Pengajar di Bidang Perhotelan, lulusan Sekolah Tinggi Pariwisata Triatma Jaya Bali (STIPAR Bali), dengan lebih dari 30 tahun pengalaman kerja di industri perhotelan. Kompetensinya di bidang perhotelan juga disertai inisiatif mengikuti kursus-kursus berstandar international, dua diantaranya adalah Cooking Course di SS Rotterdam (1993) dan di MS Westerdam (1994). Pengalaman dan kompetensi telah menjadikannya narasumber terpercaya dalam berbagai forum penting yang membentuk format pembelajaran perhotelan nasional. Ini termasuk keikutsertaannya dalam Peninjauan Kurikulum & Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (Rps) Akademi Komunitas Mapindo (2017), serta Pelatihan Modul dan Penyusunan Kurikulum LPK Berbasis Kompetensi (2017). Eka telah menjadi instruktur di Global Lentera Kasih sejak tahun 2019.

Deden Gunawan Wibiksono

Praktisi, Pengajar, dan Asesor bidang Perhotelan dengan pengalaman bekerja di bidang yang sama sejak tahun 1997 (lebih dari 25 tahun). Selama karirnya ia telah bekerja di beberapa hotel terkemuka, termasuk masa berkerjanya di THE QUEEN OF THE SOUTH, Beach Resort, Yogyakarta (1997 – 2000), dan di ROYAL MERCURE BATAM (2003-2007). Pada tahun 2005 ia mendapatkan CERTIFICATION AND ACCREDITATION ON FOOD AND BEVERAGE LEVEL A& B dari I A C (integrated accreditation & Certification) Singapore. Selain bekerja di bidang perhotelan, karir mengajarnya di bidang yang sama pun berkembang. Ia adalah pengajar paruh waktu di SAHID BINTAN TOURISM INSTITUTE (sejak 2008 – sekarang), BINTAN TOURISM INSTITUTE (2019), dan LPK Global Lentera Kasih ( 2019 – sekarang).

Pemegang 5 sertifikasi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) ini merupakan seorang ASESOR FOOD AND BEVERAGE SERVICE sejak tahun 2016 hingga saat ini.

Diandra Jenar Rustriawila

Praktisi, Instruktur, dan Pengajar para calon Barista. Pekerjaan pertamanya sebagai Retail Management di PT Sari Coffee Indonesia (2017-2019) membuatnya tertarik pada seni meracik kopi. Ia melatih diri dengan praktik, hingga mendapatkan Sertifikat Kompetensi Barista dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) pada tahun 2021. Lalu sejak tahun yang sama Ia bergabung dengan Global Lentera Kasih untuk memberikan pelatihan Barista ‘Basic’ dan ‘Advance’, serta tetap aktif memberikan konsultasi dalam hal perkembangan tenaga kerja barista di beberapa cafe terkemuka.

Instruktur Pelatihan Bidang Komputer & Multimedia

Hizkia Subiyantoro

Desainer dan kreator animasi. Lahir dan besar di Yogyakarta, ia mempelajari desain grafis (1997) dan menjadi salah satu lulusan terbaik Modern School of Design Yogyakarta. Prestasi ini membuahkan pekerjaan desainer baginya di PT Pura Barutama, Kudus, Penerbit Andi, dst. Ia lalu lanjut belajar seni grafis di Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta (2000-2007) sambil mulai menekuni animasi pada tahun 2004. Belajar animasi memberinya kesempatan untuk membangun perusahaan game developer dan bekerja sebagai 3D artist di Jakarta (2007-2009). Pada tahun 2009 pula ia mendirikan Blender Army Indonesia, komunitas animasi 3D berbasis open source software, dimana ia aktif berjejaring, mengajar, sharing, dan membuat tutorial, hingga kini. Komunitas ini membuatnya meraih penghargaan sebagai ‘Tokoh Open Source’ dari Kementerian Komunikasi dan Informatika pada tahun 2012. Pada 2015 ia mendirikan Hizart Studio dan mengerjakan proyek animasi pendek Roda Pantura, dimana ia terpilih sebagai animator Indonesia pertama yang berpartisipasi dalam program Animation Du Monde (MIFA), yang adalah bagian dari Annecy Festival du Animation, Perancis. Film Roda Pantura kemudian melanglang ke berbagai festival film di Yunani, Jerman, Polandia, Amerika, RRC, Malaysia, Jepang, dan Korea Selatan. Setelah itu ia telah membuat 2 film pendek, 1 film panjang, dan sejumlah iklan layanan masyarakat dengan animasi. Sebagai desainer, Hizkia selalu mendesain sendiri materi promosi setiap filmnya. Hingga pada 2021 ia dipercaya untuk mendesain kampanye visual kreatif atas film dokumenter ‘Before You Eat’ produksi Serikat Buruh Migran Indonesia. Juga tahun 2023 bersama Hizart Studio ia berkesempatan untuk mendesain logo dan menyusun panduan visual sebuah kampanye lingkungan ‘Beyond Seafood’ Greenpeace Global. Tak hanya berkreasi, Hizkia juga aktif mengajar dalam kelas dan berbagai pelatihan. Ia adalah Tenaga Pengajar Luar Biasa (TPLB) Program Studi Animasi ISI Yogyakarta (2017- 2018). Workshop Blender di Batam Centre Hotel, Pulau Batam (2014), Blender Workshop di Merapi Tech Game Studio Yogyakarta (2017), Internal Workshop di Anantarupa Studio (2020), adalah tiga dari puluhan kelas pelatihan yang diampunya.

Risa Yulia Saputri, S.Pd.

Sarjana Pendidikan Teknik Informatika dari UNIVERSITAS NEGERI PADANG, pemegang Sertifikat Asesor Digital TIK, yang kini bekerja sebagai Guru Tetap SMKN 3 Batam.

Dona Gusvita Sari,S.Pd.

Seorang Guru Produktif Teknik Komputer dan jaringan (TKJ) di SMK NEGERI 3 BATAM sejak tahun 2019 hingga kini, lulusan STKIP PESISIR SELATAN (2018) Jurusan Pendidikan Teknologi Informatika dan Komputer.